Sunday, November 9, 2008

Koleksi Kantong Plastik

Tahukan anda, misalnya, satu triliun kantong plastik diproduksi untuk konsumsi pasar setiap tahun. Sadarkah Anda, dalam setahun rata-rata 150 kantong plastik sudah Anda gunakan dan untuk membuat satu kantong plastik diperlukan 2 kg minyak tanah. Lantas, setelah digunakan sampah plastik itu harus dibakar dan menghasilkan 1 kg gas CO2 ke udara untuk setiap kantong plastik. Fakta lainnya adalah limbah plastik butuh waktu yang lama untuk dapat terurai. (Sumber Kompas). Limbah plastik membutuhkan waktu 1000 tahun untuk dapat terurai. Tidak seperti limbah kertas yang membutuhkan waktu 1 bulan untuk terurai.
Fakta-fakta inilah yang membuat lingkungan dan bumi makin tidak nyaman.
Apa yang bisa kita lakukan untuk memperingan "beban" bumi kita? Sederhana!. Mulailah mengkoleksi kantong plastik yang Anda dapat. Simpan kantong plastik yang anda dapatkan dari setiap anda berbelanja. Tujuannya adalah mencegah penggunaan kantong plastik yang "sekali pakai, buang". Kebanyakan dari kita langsung membuang kantong plastik yang kita dapat, tak peduli itu masih dapat dipakai atau tidak. Kantong plastik koleksi anda tersebut dapat dipakai lagi buat kebutuhan yang lain, misal ketika Anda berbelanja. Anda juga dapat memberikan koleksi kantong plastik anda ke warung-warung, dan atau ibu pedagang.
Selamat mengkoleksi kantong plastik!!

1 comment:

  1. Kalau saya sih kantong plastik yang didapat di supermarket emang dikumpulkan, enggak langsung dibuang. Terus tiap hari dipakai untuk tempat sampah. Salah ya? Hehe

    ReplyDelete